-

Thursday, November 20, 2014

Tips Memilih Perlengkapan Penjaga Gawang Sepakbola

by zulfan setia  |  in Sepakbola at  11:21 AM
Like the Post? Do share with your Friends.
?

Penjaga gawang merupakan posisi yang paling unik dalam sepakbola. Tidak seperti pemain lainnya, penjaga gawang diperbolehkan menggunakan kedua tangan dan badannya untuk menangkap atau menangkis setiap serangan yang mengarah ke gawang nya. Jika pada posting sebelumnya telah membahas tentang bagaimana menjadi seorang kiper yang baik maka kali ini kami akan membahas tentang memilih perlengkapan kiper yang tepat untuk anda:
  1. Pilih seragam yang memiliki warna berbeda dari rekan setim anda. Warna yang cerah biasanya lebih disarankan untuk membedakan kiper dengan pemain lainnya, karena ia lah satu–satunya pemain yang diperbolehkan memakai tangan selain wasit.
  2. Pilih seragam dengan lengan panjang atau pendek. Kebanyakan kiper pada umumnya memilih seragam berlengan panjang untuk perlindungan dan menjaganya agar tetap hangat, namun seragam dengan lengan pendek membuat badan sejuk selama musim yang panas atau hangat.
  3. Pilih jenis celana yang akan anda pakai. Celana pendek jauh lebih sejuk dan nyaman dipakai dibanding dengan celana panjang. Celana para kiper dibuat untuk cuaca yang sejuk dan memberikan perlindungan untuk pinggul dan lututnya.
  4. Pilih sarung tangan yang akan anda pakai sesuai pada kondisi pertandingan, tingkat ketebalan dan jumlah bantalannya. Sarung tangan kiper ini dibuat untuk berbagai kondisi seperti ketika hujan ataupun panas. Sarung tangan dengan kualitas yang baik memiliki 3 sampai 4 milimeter bantalan busa lattex untuk perlindungan dan kenyamanan. Sarung tangan yang berkualitas memiliki duri jari plastik yang melindungi terjadinya over extention atau dislokasi pada jari pada saat menangkap bola. Seperti sarung tangan Nike SPINE PRO.
  5. Gunakan sepatu olahraga yang tepat sesuai dengan jenis lapangan yang anda mainkan. Untuk jenis tanah yang empuk gunakan sepatu dengan duri kaki yang besar. Untuk tanah yang kuat gunakan sepatu dengan duri kaki ukuran normal atau tajam. Sedangkan untuk tanah yang keras gunakan sepatu yang memiliki duri sepatu yang pendek terbuat dari karet. Jenis sepatu kulit lebih banyak dipilih dibanding sepatu dengan bahan sintetis atau buatan seperti karet karena lebih tahan lama dan memiliki perlindungan yang lebih bagus untuk kaki kiper.
  6. Gunakan perlengkapan pelindung sesuai kebutuhan anda. Beberapa kiper tidak memilih untuk memakai perlengkapan pelindung karena dapat membatasi gerakannya, sedangkan yang lain beranggapan bahwa mereka dapat bermain lebih agresif dengan memakai pelindung. Celana yang digunakan oleh kiper kebanyakan memiliki bantalan yang melindungi tulang ekor dan pinggulnya. Pakaian dalam pelindung memiliki bantalan pada bahu, siku dan tulang belakang. Pelindung kepala juga diperbolehkan untuk kiper yang baru saja mengalami cidera pada kepalanya atau untuk keamanan kepalanya.
Tips dan saran
  • Kenyamanan pada saat memakai seragam dapat membantu anda untuk tetap fokus dan bekerja lebih baik.

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.